Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Iklan dan Suggestions di Windows 10

Meskipun saya adalah salah satu dari sekian banyak penggemar Windows 10, ada satu hal yang mungkin menurut saya hingga kini masih menyebalkan, iklan. 

Bagi yang belum tahu, sejak dulu Microsoft selalu menyisipkan iklan dan suggestions di system operasi terbaru mereka ini, entah itu iklan aplikasi mereka seperti Edge Chromium, layanan search engine Bing, atau aplikasi yang tersedia di Microsoft Store. 

Baca Juga : Lagi! Iklan Microsoft Edge Terus Ditampilkan Microsoft Di Windows 10

Karena saya kurang suka dengan periklanan yang Microsoft lakukan, berbeda dengan Linux yang menurut saya clean, fresh dan mantap, maka dengan itu kita matikan saja hal yang membuat Microsoft menampilkan iklan di Windows 10 kita. 

Dan berikut saya rangkum beberapa langkah singkat yang juga dapat kamu lakukan dengan mudah dan harusnya berhasil tanpa masalah. 


Menghilangkan Suggestions di Start Menu

Untuk kamu yang kurang suka dengan Suggestions yang kadang di tampilkan Microsoft untuk mengajak pengguna Windows 10 mendownload aplikasi yang mereka tawarkan, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu klik Start > Personalizations > Start. 


Langkah 2. Selanjutnya seperti yang saya tunjukkan pada gambar diatas, kamu cukup nonaktifkan saja opsi "Show suggestions occasionally in Start", dengan itu kamu tidak akan lagi diberikan suggestions dari Microsoft di Start Menu. 



Menghilangkan Iklan di Lockscreen

Selanjutnya jika kamu tidak suka dengan berbagai iklan di Lockscreen, entah itu informasi wallpaper dan hal lainnya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut. 

Langkah 1. Silahkan kamu masuk ke Settings > Personalizations > Lockscreen. 


Langkah 2. Selanjutnya pada bagian Background, silahkan kamu ganti menjadi wallpaper statis, kenapa harus?, karena pada dasarnya Windows Spotlight adalah salah satu penyebab munculnya iklan di Lockscreen. 


Seperti pada gambar diatas, kamu cukup ganti saja Background menjadi Picture atau gambar dari library kamu sendiri, selanjutnya silahkan kamu nonaktifkan opsi "Get fun facts, tips, and more from Windows and Cortana on your lock screen". Dan selesai. 

Nonaktifkan Advertising ID di Windows 10

Dikutip dari Windows Portal Indonesia, Pada dasarnya Advertising ID mengambil data yang dikumpulkan, kemudian menampilkan iklan yang relevan kepada pengguna. Dan seperti biasa, saya adalah pecinta privasi maka saya rasa fitur ini cukup penting untuk dinonaktifkan. Berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Silahkan kamu masuk ke Settings > Privacy > General. 


Langkah 2. Seperti yang juga saya tunjukkan pada gambar diatas, silahkan kamu nonaktifkan opsi "Let apps use advertising ID to make ads more interesting to you based on your app activity". Dan untuk privasi yang lebih maksimal, silahkan kamu nonaktifkan saja semuanya. 


Maka dengan itu dihalaman Settings dan beberapa komponen lainnya, tidak akan ada Suggestions yang ditampilkan. 

Nah itu saja mungkin tutorial kali ini, dan seperti biasa, jika saya menemukan hal baru akan saya update kembali artikel ini, jadi sering sering saja kunjungi Blog Sayugi dan lihat pada update tips terbaru, untuk mengetahui tips dan tutorial terbaru dan telah di update. 

Terima kasih, semoga bermanfaat. 


Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Iklan dan Suggestions di Windows 10"