Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Haruskah Upgrade Dari Windows 10 2004 ke Windows 10 20H2?


Sudah beberapa bulan sejak saya mulai menggunakan Windows 10 20H2, ketika mulai dulu saat masih berada di Insider Beta Channel, awalnya saya cukup suka dengan versi Windows 10 ini, namun kenyataannya semakin hari saya rasa tampak tidak ada yang berubah secara fungsi dan fitur yang memang umum saya gunakan sehari hari. 

Dan pada artikel kali ini, saya akan sedikit menjelaskan dan mengungkapkan sekaligus menjawab F.A.Q yang sering ditanyakan melalui akun Twitter dan Instagram saya. "Haruskah Upgrade Dari Windows 10 2004 ke Windows 10 20H2?". 

Jika Kamu Kini Menggunakan Windows 10 2004

Pada dasarnya kedua versi ini yaitu Windows 10 2004 dan 20H2 adalah sama, dan dibuat diatas dasar yang sama mengingat Windows 10 20H2 sendiri adalah cumulative update dari versi 2004, namun tentu ada beberapa fitur yang hadir di versi tersebut, sekaligus menjadi pembeda antara versi 2004 dan 20H2 yang mana itu mencakup Redesign Start Menu, dan beberapa hal baru yang bahkan jarang sekali saya gunakan sehari hari. 

Namun fitur tersebut bisa dibilang tidak terlalu baru dan bukan fitur penentu yang akan merubah pemakaian umum Windows 10 kamu, hampir semuanya masih sama seperti sebelumnya, dan pertanyaannya apakah kamu benar benar membutuhkan fitur baru ini? membutuhkan Redesign Start Menu, ALT Tab Behavior Baru, atau apakah kamu membutuhkan fitur fitur yang hadir di Windows 10 20H2?, jika kamu tidak membutuhkan perubahan dan kamu sudah nyaman dengan Windows 10 2004, jangan upgrade, kenapa? berikut saya jelaskan lebih mendalam. 

Windows 10 2004 Dapat Disebut dengan Windows 10 Terstabil Saat ini

Salah satu hal yang menjadi poin utama dan poin penting di Windows 10 adalah kestabilan system operasi, mengingat sudah banyak sekali masalah yang dirasakan pengguna, mulai dari masalah hardware sampai masalah yang menyebabkan BSOD pada perangkat pengguna. 

Untuk perbandingan sendiri, Windows 10 2004 sudah  dirilis secara resmi pada bulan Mei 2020 lalu dan sampai saat ini sudah mendapatkan beberapa kali cumulative update yang mencakup update perbaikan, update keamanan, dan update update lain untuk menyempurnakan versi tersebut. 

Sedangkan Windows 10 20H2, berdasarkan pengalaman saya dan beberapa orang lainnya yang memang saya kenal dan tahu bahwa mereka adalah pengguna sejati Windows 10, bisa dibilang versi tersebut masih memiliki kekurangan, mulai dari Bug utama yang Microsoft umumkan dihalaman Known Issues mereka, Bug bawaan dari Windows 10 2004. dan Bug lain yang kini mungkin masih belum ditemukan, terlebih banyak laporan mengenai beberapa masalah lain seperti masalah kompatibilitas para perangkat pengguna, dan meskipun perangkat kamu sudah mendukung Windows 10 2004, itu tidak menjamin bahwa Windows 10 20H2 bisa lebih baik dari versi 2004 yang kini kamu gunakan di perangkat kamu. 

Windows 10 20H2 Masih Terlalu Baru

Meskipun memang sudah sejak lama dirilis untuk para Insider, namun karena masih terbilang baru untuk pengguna stabil dan bahkan versi tersebut belum mencapai umur 2 bulan sampai saat ini saya menulis artikel ini, tentu masih ada banyak kekurangan lain yang dapat dirasakan, seperti apa yang saya jelaskan sebelumnya, bahkan dalam channel youtube saya, banyak yang melaporkan masalah yang cukup serius, mulai dari proses upgrade stuck di 100%, dan hal lainnya yang cukup merepotkan. 





Sehingga dengan dua poin diatas, pada dasarnya untuk kamu yang kini sudah menggunakan Windows 10 2004, tidak ada kewajiban untuk segera melakukan upgrade, dan selama kamu masih merasa nyaman dengan versi yang kini kamu gunakan, ada baiknya kamu tunggu saja sampai versi terbaru benar benar cukup stabil atau sudah memiliki banyak pengguna seperti yang biasanya dilaporkan via AdDuplex, dan jika dirasa sudah oke, maka kamu bisa melakukan upgrade. 



Jika Kamu Kini Menggunakan Windows 10 1909 atau Dibawahnya

Nah sedangkan untuk kamu yang masih menggunakan Windows 10 1909 atau yang dibawahnya, melakukan upgrade ke versi paling baru bisa menjadi dua hal yang berbeda, entah itu hal baik atau justru menjadi hal buruk untuk kamu, kenapa seperti itu? berikut saya jelaskan. 

Kompatibilitas Perangkat

Sekali lagi, jika Windows 10 terbaru belum tersedia melalui Windows Update, saya sangat merekomendasikan kamu untuk tidak memaksa upgrade menggunakan langkah lain seperti update assistant, media creations tools dan bahkan melalui file cabinet, kenapa?, karena bisa dibilang dengan hadirnya versi Windows 10 terbaru di Windows Update, perangkat kamu sudah mendukung versi Windows 10 tersebut, sehingga masalah kompatibilitas bisa sedikit diminimalisir, sedangkan jika kamu masih memaksa, bisa saja ada beberapa masalah seperti apa yang dilaporkan sebelumnya, entah itu masalah intel optane, masalah bluetooth realtek dan hal lainnya.

Dukungan Security Update

Selain itu, perlu kamu tahu bahwa Windows 10 biasanya menyediakan update security selama 18 bulan untuk versi Home dan Pro, dan 30 bulan untuk versi Educations dan Enterprise, dan dengan itu, selama versi Windows 10 kamu masih didukung, melakukan upgrade ke versi terbaru bukanlah sebuah kewajiban, bahkan jika kamu kini menggunakan Windows 10 1903 sekalipun. 

Namun seandainya dukungan upgrade sudah berakhir, tentu kamu sangat direkomendasikan untuk melakukan upgrade ke versi Windows 10 yang masih didukung, ya kamu tidak salah membaca, "yang masih didukung" bukan "versi paling terbaru". 

Lalu apakah harus upgrade jika kamu menggunakan Windows 10 1909 atau yang dibawahnya?, jawabannya adalah tergantung apa yang kamu inginkan, fitur baru?, jika iya, upgrade sekarang juga, namun jika kamu tidak terlalu peduli dengan fitur dan lebih mengutamakan kepastian akan rasa stabil penggunaan jangka panjang, selama versi yang kamu gunakan masih mendapatkan dukungan update security, tidak melakukan upgrade adalah sebuah hal yang direkomendasikan. 

Kesimpulan

Tepat seperti yang saya bahas diatas, pada dasarnya ada dua jawaban yang berbeda dari pertanyaan ini, yang mana kamu bisa melakukan upgrade jika "kamu ingin fitur paling baru dan paling mutakhir" atau "versi Windows 10 yang saat ini kamu gunakan sudah tidak lagi mendapatkan security update", namun dengan catatan, jika kamu "tidak terlalu butuh fitur terbaru, dan lebih mengutamakan kestabilan", dan masih merasa nyaman dengan versi saat ini, selama versi tersebut masih didukung untuk terus mendapatkan security update, tidak melakukan upgrade adalah sebuah opsi baik untuk kamu. 

Versi apa yang saya gunakan sekarang?

Beberapa waktu lalu, saya mendapati sebuah kabar bahwa adanya masalah dengan update enablement package saya memutuskan untuk kembali dari Windows 10 20H2 ke versi Windows 10 2004 pada perangkat utama saya, ada dua hal yang menjadi poin utama peralihan ini, dan keduanya sama seperti apa yang saya bahas diatas, satu saya tidak terlalu membutuhkan fitur baru "yang bisa dibilang masih nanggung" di versi Windows 10 20H2, dan kedua saya ingin merasakan kestabilan yang lebih baik pada versi Windows 10 2004 yang bisa dibilang sudah cukup dewasa ini. 



Tentu pembahasan saya diatas ini berdasarkan pengalaman saya dan beberapa orang yang saya ambil referensinya baik itu dari DM Instagram, DM Twitter, atau dari Komentar Video Youtube yang saya buat. Dan tentu keputusan akhir jatuh pada tangan kamu sendiri, dan disini saya sudah membahas apa saja yang mungkin menjadi pemantap hati kamu haruskan upgrade atau tidak. 

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan, dan sekali lagi semua yang saya tulis pada artikel ini berdasarkan apa yang saya rasakan, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk komen dibawah, atau kamu bisa DM saya di Twitter

Terima kasih, dan semoga bermanfaat. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Haruskah Upgrade Dari Windows 10 2004 ke Windows 10 20H2?"