Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Beli dan Mencoba Lisensi Microsoft Office 2019 Murah Yang Katanya Original


Pekerjaan saya didunia nyata sudah selesai, padahal ini baru hari selasa di awal minggu, dan dengan rasa gabut sehingga menyebabkan saya tidak memiliki ide apapun untuk melanjutkan sequel novel fantasy yang saya buat, maka kali ini saya akan mencoba melakukan sesuatu yang memuaskan rasa penasaran saya sejak lama, yaitu "Membuktikan keaslian lisensi yang super duper murah di Marketplace Indonesia". 

Dalam contoh kasus kali ini, saya mencoba mencari 'Lisensi Microsoft Office 2019' dari beberapa Marketplace, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan Shopee, sampai hingga singkat cerita, saya menemukan satu yang termurah yang menarik perhatian saya karena total penjualan lisensi tersebut lebih dari 1.8 Ribu produk. 


Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, disana menjelaskan bahwa Harga sedang diskon flash sale hingga Rp85.000, dan tentu setahu saya Microsoft jarang memberikan diskon seperti ini kecuali di halaman resmi Microsoft Store-nya. 

Sebelum melakukan pembelian, ada beberapa hal yang saya coba cek dan recheck kembali mengenai halaman penjualan ini, dimana yang pertama saya ingin mengkonfirmasi mengenai apa yang seller disini katakan bahwa dia adalah reseller resmi atau Microsoft Authorized Reseller beneran, lalu  yang kedua saya ingin tahu bagaimana cara dan metode aktivasi yang dibutuhkan, mengingat kebetulan saya juga pernah membeli lisensi Microsoft Office 2016 dan Microsoft Office 2019 yang beneran resmi dari Microsoft. 

Melihat Apakah Seller adalah Penjual Resmi dan Microsoft Authorized Reseller?


Dari apa yang dapat dilihat pada gambar diatas, disana Seller mengatakan bahwa dia merupakan Microsoft Authorized Reseller akun resmi Microsoft Indonesia di Platform Shopee, dan untuk membuktikan hal tersebut, saya mencoba masuk kehalaman resmi Microsoft https://www.microsoft.com/accessories/en-id/reseller, yang mana disana Microsoft mencantumkan Reseller resmi mereka. Dan beriktu adalah contohnya. 


Jika kita lihat pada halaman https://www.microsoft.com/accessories/en-id/reseller, disana Microsoft sendiri tidak memasukkan Shopee dalam Retailer resminya, sehingga apa yang dikatakan Seller di Shopee tersebut bisa dibilang cukup membingungkan sehingga saya sedikit kurang percaya untuk membeli produk disana. 

Namun mengingat ada lebih dari 1.8 Ribu pembeli dan bintang yang hampir sempurna, saya coba mengorbankan sedikit dana untuk memuaskan rasa penasaran saya ini. 

Pembelian dan Proses Aktivasi Microsoft Office

Untuk melanjutkan dan memenuhi rasa penasaran saya, saya coba membeli satu buah produk Microsoft Office 2019 Professional Plus, yang mana dalam proses ini saya harus mengeluarkan dana sekitar Rp86.000 (Produk + Biaya Penanganan dari Shopee). 


Hingga singkat cerita, cukup hanya dengan waktu kurang dari satu jam, saya sudah mendapatkan lisensi yang dikirimkan melalui Email, dan tentu jika kamu mengharapkan akan mendapatkan sebuah box berisi cd instalasi dan kartu lisensi yang digesek menggunakan koin seperti pembelian lisensi original dari Microsoft Authorized Reseller asli, maka sayangnya hal tersebut tidak ada disini, karena dari apa yang kita dapatkan, kita hanya mendapatkan sebuah Email berisi Serial number dan Panduan saja. 


Lanjut ke bagian Aktivasi Microsoft Office 2019 Professional Plus

Nah disini saya mencoba melakukan pengujian dengan instalasi Microsoft Office 2019 Professional di Windows 10 Pro Build 19042 yang saya install dan pasang di VirtualBox, selanjutnya setelah melakukan instalasi, seperti yang sudah banyak pengguna tahu, jika Windows 10 sudah terhubung ke akun Microsoft, biasanya Microsoft Office akan langsung melakukan sinkronisasi dengan akun tersebut dan aktivasi akan langsung otomatis selama akun yang terhubung sudah membeli lisensi Office beneran (hal ini juga sudah sedikit saya bahas di artikel Cara Cek Keaslian Lisensi Microsoft Office 2016 dan 2019). 

Dan dikarenakan hal tersebut, tentu saya harus melakukan logout dulu dari akun saya untuk menguji dan memuaskan diri saya dari rasa penasaran ini, langkahnya simpel saja, saya coba install kembali Microsoft Office 2019 di User Profile tanpa akun Microsoft apapun yang terhubung, dan tentu seperti biasa, setelah instalasi selesai, kita akan diminta memasukkan Serial Number dari aplikasi Microsoft Office tersebut. 


Pada gambar diatas, disana tampak menunjukkan kesalahan, karena memang saya salah memasukkan serial number, kemudian saya coba ulangi dengan lebih teliti ketika memasukkan serial number, disini saya enggak bisa copy paste karena saya tidak mengaktifkan shared clipboard di VirtualBox, selanjutnya setelah serial saya masukkan, bukannya aplikasi langsung teraktivasi secara online, kita akan diminta metode aktivasi Offline via telepon, tepat seperti pada gambar berikut. 


Oke dari sini saya coba saja ikuti karena memang Microsoft menyediakan langkah alternatif selain aktivasi online, namun ternyata berbeda dengan langkah resmi dari Microsoft dimana kita harus melakukan panggilan ke Microsoft dari nomer yang disediakan pada Step 1 yang saya blur, dalam panduan yang penjual berikan kita harus masuk terlebih dahulu ke Website miliknya dan melakukan login disana menggunakan Username dan Password si penjual. 


Dalam halaman tersebut perlu diketahui bahwa halaman ini bukanlah domain milik Microsoft, namun dalam halaman website tersebut, disana menampilkan logo dan label Microsoft yang memang hanyalah sebuah konten gambar yang di host dari :

src="/Content/Images/Common/pidms_logo.png" 

Jadi sekali lagi, Microsoft tidak memiliki tanggung jawab atas apapun yang ada didalam halaman tersebut. 

Singkat cerita, saya login dengan username dan password yang tersedia dalam lembar tutorial yang diberikan seller, dan selanjutnya saya dihadapkan dengan halaman seperti pada gambar berikut. 


Tepat seperti pada gambar diatas, disana kamu bisa melihat bahwa kita bisa memasukkan Installations ID yang ada di aplikasi Microsoft Office, selain itu disana ada sebuah tombol Get Activations ID dan sebuah Text Area yang akan menampilkan output Activations ID. 

Setelah itu saya coba masukkan saja Installations ID dari Microsoft Office 2019 yang baru saja saya install, dan saya coba klik Get Activations ID, disana akan ada jeda beberapa detik sampai loading selesai dan sampai Activations ID muncul. 

Kurang lebih, saya rasa ini mirip dengan melakukan Generator Activations ID seperti yang Crack biasa lakukan, dan setahu saya jelas bahwa ini melanggar kebijakan lisensi Microsoft kenapa? nanti akan saya bahas di akhir artikel namum, jika saya salah mohon untuk dikoreksi. 


Tapi Aktivasi Berhasil!

Setelah saya memasukkan Activations ID yang diberikan dari Website tersebut ke form yang tersedia di Microsoft Office, aplikasi langsung teraktivasi seperti biasa. 

*Sayangnya saya enggak sempat foto dulu hasil aktivasi tersebut, sial. 

Apakah Aktivasi Berhasil?

Jawabannya adalah iya, dan selanjutnya saya mencoba melakukan update dan melakukan beberapa hal lainnya, semuanya tampak normal dan tidak ada kendala. 

Selain itu perlu diketahui bahwa aktivasi ini permanent dengan tidak ada jangka waktu apapun dan lisensi aktif selama, selain itu tentu serial ini dapat di install kembali jika pengguna melakokan reinstall Windows 10 mereka dengan catatan langkah instalasi harus sama seperti sebelumnya. 

Kekurangannya

Diluar dari masalah legalitas, tentu jika suatu saat si pemilik mengganti username dan password dari website untuk generate Activations ID, pengguna tidak bisa melakukan aktivasi kembali sampai pengguna mendapatkan username dan password baru untuk mengakses halaman website tersebut. 

Dan yang paling buruk adalah seandainya Microsoft mengetahui hal ini dan melakukan penutupan Website tersebut, maka kamu tidak bisa melakukan aktivasi kembali. 

Membahas Legalitas

Ada dua poin penting yang akan saya bahas disini. Yang pertama masalah seller yang mengatakan bahwa dia adalah Microsoft Authorized Reseller dan ternyata setelah saya cek dalam halaman https://www.microsoft.com/accessories/en-id/reseller ternyata dapat dipastikan bahwa Seller bukanlah Microsoft Authorized Reseller mengingat Microsoft juga tidak mencantumkan Shopee pada halaman tersebut. (kecuali IT Gallery yang ketika di klik maka akan diarahkan pada halaman Shoppe berikut). 

Sedangkan yang kedua adalah langkah untuk mendapatkan activations id yang setahu saya sangat berbeda dengan apa yang Microsoft jelaskan dalam halaman support miliknya, selain itu jika kita mengaitkan hal ini dengan Microsoft License Terms yang sangat jarang sekali orang baca, kamu akan menemukan bagian berikut:

"5. Perangkat Lunak Resmi dan Aktivasi. Anda berwenang untuk menggunakan perangkat lunak ini hanya jika Anda memiliki lisensi yang sesuai, dan perangkat lunak telah diaktifkan dengan benar menggunakan kunci produk asli atau dengan cara lainnya yang sah."

Pada dasarnya ada dua metode sah untuk aktivasi, yang pertama itu melalui Internet dan yang kedua adalah melalui Telepon, namun berdasarkan apa yang diberikan seller, ini bukanlah keduanya melainkan menggunakan semacam generator online untuk mendapatkan Activations ID. 


Lalu apakah hal tersebut berbahaya?

Pada dasarnya aman-aman saja, namun kembali lagi pada Microsoft License Terms yang sangat jarang sekali orang baca dan masih pada bagian 5 mengenai perangkat lunak resmi dan aktivasi, disana menjelaskan sebagai berikut, "perangkat lunak dapat mengetahui bahwa salinan perangkat lunak terinstal adalah bajakan, tidak dilisensi dengan benar, atau mencakup perubahan yang tidak sah.", dengan kata lain, bisa saja suatu saat nanti aktivasi yang telah berhasil dilakukan pada langkah diatas akan dibatalkan oleh Microsoft dan pengguna akan mendapati produk Microsoft Office mereka tidak teraktivasi kembali. 

Apakah Membeli Di Seller Tersebut Direkomendasikan?

Hmm menjawab pertanyaan ini tentu ini semua tergantung, dan semuanya kembali ke keputusan kamu sebagai pembeli, disini saya sudah menjabarkan apa saja yang akan kamu lakukan untuk aktivasi, kekurangannya, serta masalah legalitas dari Microsoft itu sendiri. 


Apakah Seller Lain Sama?

Wah saya kurang tahu juga, bisa saja berbeda dan mungkin ada metode lain yang seller lainnya berikan, misalkan dengan aktivasi internet, atau aktivasi lainnya, namun tentu untuk kamu yang ingin membeli lisensinya, disarankan untuk membeli dari Microsoft Authorized Reseller yang tercantum dalam halaman Resmi Microsoft

Selain itu memastikan bahwa lisensi diaktifkan secara online adalah lebih baik dibandingkan dengan metode pihak ketiga seperti ini. 

Kesimpulan

Mengenai produk ini, pada dasarnya seller juga manusia yang ingin mendapatkan keuntungan, namun menurut saya dengan mencantumkan dan mengatakan dirinya adalah Microsoft Authorized Reseller dan menggunakan metode aktivasi diluar dari apa yang Microsoft berikan tentu adalah hal yang kurang baik, entah untuk seller sendiri atau untuk pembeli yang menggunakan lisensi tersebut. 

Sekali lagi seluruh keputusan ada di tangan pembeli, akankan ingin membeli lisensi murah yang tersedia di Markerplace Indonesia, atau melalui Microsoft Authorized Reseller yang memang tercantum dalam halaman resmi Microsoft. Tentu perbedaan harga adalah salah satu hal yang paling mencolok jika kamu membeli lisensi dari Microsoft Authorized Reseller.

Kamu bisa dukung dan traktir saya di https://trakteer.id/gylang_satria agar saya semakin semangat membuat konten seperti ini. 

Secara sosial, saya rasa Seller yang menjadi tempat saya membeli produk ini sangat bagus, diluar dari masalah legalitas dan metode aktivasi yang memang tidak sesuai dengan apa yang Microsoft cantumkan, pelayanan dari Seller ini sangat bagus dengan berbagai pertanyaan yang saya berikan semuanya dijelaskan dengan ramah, baik dan cepat, namun sayangnya saya tidak seperti 1.8 ribu pembeli lainnya, yang mana saya mungkin adalah salah satu dari sekian banyak orang yang selalu membaca License Term dari aplikasi apapun, terlebih dari Microsoft karena saya sangat suka dengan produk Microsoft (kecuali Windows 10 yang akhir akhir ini penuh dengan bug). 

Mengenai artikel ini, perlu diketahui bahwa tidak ada maksud dan tujuan untuk menyinggung pihak manapun, seluruh gambar, dan informasi penting terkait, sudah saya coba tutupi untuk menjaga privasi, baik dari pihak seller, website, domain dan hal lainnya, jika kamu menemukan produk tersebut di Marketplace yang saya sebutkan, maka mungkin itu adalah sebuah kebetulan yang cukup unik yang terjadi dialam semesta yang indah ini. 

Sekian artikel kali ini, mohon maaf jika kurang sempurna, terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Pengalaman Beli dan Mencoba Lisensi Microsoft Office 2019 Murah Yang Katanya Original"