Cara Mengatasi Dan Menghindari Ransomware!


Ah Ransomware, seumur hidup saya belum pernah yang namanya kena sama Ransomware ini, yang mana merupakah sebuah malware yang bekerja untuk mengekripsi perangkat pengguna dan mengharuskan mereka untuk membayarnya jika ingin data mereka dikembalikan. 

Meskipun saya belum pernah terkena masalah ini, namun banyak pengguna bertanya dan melaporkan bahwa mereka terkena Ransomware di Grup Facebook, bahkan beberapa kali saya juga pernah mengabarkan dan  menulis artikel serupa di WinPoin. 



Nah dengan artikel ini, saya akan sedikit membahas mengenai Ransomware, sesuatu yang menghantui pengguna Windows. 

Apa Itu Ransomware

Dikutip dari voaindonesia, Malware adalah istilah umum yang merujuk pada perangkat lunak yang berbahaya bagi komputer anda, ujar John Villasenor, seorang profesor di the University of California, Los Angeles. Sedangkan Ransomware adalah sejenis malware yang intinya mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar, ujarnya.

Bagaimana Cara Ransomware Menginfeksi Perangkat


Umumnya file utama dari ransomware harus diklik dulu oleh pengguna, dan kebanyakan pengguna yang terinfeksi adalah mereka yang biasa menginstal atau menggunakan aplikasi bajakan seperti Crack, Patch atau Keygen, secara langsung file tersebut yang bisa saja mengandung file ransomware diklik dan menyebabkan pengguna langsung terinfeksi. 

Selain itu saya kutip kembali Seperti dikutip dari Grup Facebook Teknisi Komputer Indonesia, Cara penyebaran Ransomware ini umumnya adalah dari penggunaan software ilegal, seperti Crack, Patch, dan software sejenis aktivator umum lainnya. Selain itu ransomware ini bisa berjalan dari email yang diterima, jika attachment file dibuka oleh target, maka secara otomatis Ransomware akan melakukan enkripsi data, sungguh berbahaya sekali bukan. (Via WinPoin)

Cara Mencegah Terkena Ransomware

Lebih baik mencegah daripada mengobati, entah perkataan siapa namun sampai sekarang selalu saya ingat dan selalu saya implementasikan dalam kehidupan saya ini, salah satunya adalah mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan perangkat utama saya untuk bekerja, seperti kemungkinan apa saja yang dapat menyebabkan saya terkena ransomware. 

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mencegah ransomware menginfeksi perangkat kita adalah dengan tidak menggunakan aplikasi bajakan seperti Crack, Patch dan Keygen, saya tegaskan sekali lagi jangan pernah gunakan aplikasi seperti itu. Saya sudah pernah membahas mengenai Bahaya pengguna aplikasi bajakan dan saya harap kalian juga sudah membacanya. 


Kedua, sebaiknya kamu tidak salah menekan tombol download, karena biasanya salah satu dari puluhan tombol download palsu akan mengarahkan kita untuk mendownload file ransomware, terkait poin ini saya juga pernah membahasnya dihalaman WinPoin berikut : Tiga langkah agar terhindar dari malware yang bisa merugikan hidupmu

Cara Mengatasi Ransomware

Nah bagi kamu yang sudah terinfeksi, ada beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini, namun jangan harap 100% akan berhasilnya. 

Yang pertama adalah kamu cari decryptornya, misalkan kamu mendapati masalah dengan ransomware yang mengubah file menjadi format '.remk', silahkan kamu cari decryptornya, dan kamu jalankan sesuai dengan tutorial penyedia decryptor, namun sayangnya setiap ransomware memiliki decryptor uniknya masing masing, jadi kalian harus bekerja extra keras. 

Kedua, kamu bisa coba Rename dan hilangkan format si ransomware, misalkan mantanasik.mp4.remk  kalian hapus .remk dibelakang file kalian, dan berdoa semoga saja berhasil. Jika gagal, kalian coba rename melalui Live CD Linux, dan berdoa juga semoga berhasil. ( Cara ini bisa saja berhasil, namun kalian butuh waktu yang banyak untuk mengubah format file penting kalian, saran saya hanya selamatkan file super penting saja). 

Ketiga, jika kalian tidak menemukan decryptornya, tidak bisa merename dan tidak mampu untuk membayar key pada si pembuat ransomware, kini sudah saatnya kalian menghapus seluruh data kalian dengan melakukan clean instal Windows, dan memformat seluruh data yang terkena ransomware, tidak peduli seberapa penting file didalamnya, saatnya ucapkan selamat tinggal. 

Kesimpulan

Berdasarkan pengelaman saya selama bertahun tahun menggunakan system operasi Windows, belum pernah sekalipun saya terkena masalah ransomware karena memang saya bertindak super hati hati dalam hal instalasi dan penggunaan aplikasi, sejak saya tobat, sampai sekarang saya tidak pernah lagi mendownload dan menggunakan aplikasi bajakan. Seandainya itu aplikasi Free, saya pastikan untuk mendownloadnya dari halaman resminya. 

Selain itu kawan kawan, saya harap dengan pembahasan diatas, kalian paham betapa pentingnya keamanan system operasi, pastikan kalian menggunakan antivirus paling kalian percaya (jangan smadav! saya rekomendasikan pake Kaspersky Security Cloud Free saja), dan pastikan juga kalian tidak mendownload dan menginstal aplikasi bajakan, karena potensi terkena ransomware sangat besar. Usahakan kalian gunakan dengan baik masa trial dan usahakan juga menggunakan serial number selain (crack, patch dan keygen). 

Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk berikan komentarmu dibawah, dan mohon maaf jika ada kesalahan, semoga artikel ini bermanfaat. 

Referensi : Link terkait didalam artikel. 

0 Response to "Cara Mengatasi Dan Menghindari Ransomware!"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel