Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiga Cara Cegah Windows 10 Dapatkan Update

Masih terkait dengan Windows Update di Windows 10, banyak pengguna masih merasa kurang nyaman dengan metode perilisan update yang terkesan 'memaksa', sehingga berkali kali saya juga pernah menulis artikel yang sama, yaitu Cara mencegah Windows 10 mendapatkan update. 


Baca Juga : 

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sebuah cara yang pastinya akan sedikit berguna banget apabila kamu tidak ingin mendapatkan update dari Microsoft terkait Windows 10 kamu, cara ini bisa kamu lakukan tanpa harus menggunakan software pihak ketiga, hanya saja ada beberapa kekurangannya yang akan saya jelaskan dalam poin masing masing. Berikut diantaranya. 

Menggunakan Pause Update

Untuk Windows 10 Home dan Pro kini kamu bisa menggunakan fitur Pause Update untuk mencegah Windows 10 mendapatkan Update dari Windows Update, caranya kamu masuk ke Settings > Update & Security > Windows Update > Klik 'Pause updates for 7 days'.



Kamu bisa meng klik 'Pause updates for 7 days' hingga 4 kali untuk mencegah Windows 10 mendapatkan update selama 1 bulan. Perlu diketahui, cara ini akan mencegah kamu mendapatkan update termasuk (cumulative update, optional update, upgrade windows 10, dan lainnya), kekurangannya ketika satu bulan sudah terlewat kamu tetap akan disuguhkan update selanjutnya. 

Cegah Windows 10 Dapatkan Feature Update

Berbeda dengan poin pertama, cara ini bisa kamu lakukan untuk mencegah Windows 10 mendapatkan feature update selama 365 hari atau 1 tahun, dimana perbulannya kamu masih akan mendapatkan update bulanan (cumulative update dan optional update), namun kamu tidak akan mendapatkan upgrade Windows 10 atau feature update sampai masa yang sudah ditentukan habis. 

Caranya kamu masuk ke Settings > Update & Security > Windows Update > Klik pada Advanced Options > Set 'A feature update includes new capabilities ..... ke 365 hari'. 


Kekurangan dari langkah ini tentunya, kamu masih bisa mendapatkan update bulanan yang terkesan ganggu dan mungkin kamu kurang suka, namun langkah ini saya sangat rekomendasikan untuk kamu yang masih ingin bertahan pada build Windows 10 yang kini kamu gunakan. 

Paling Mantap? Jangan Pernah Terkoneksi Ke Internet!

Cara ini pasti 1 Juta % tidak akan membuat kamu mendapatkan Windows Update, karena gimana tidak, terkoneksi internet aja enggak. Cocok sekali untuk perangkat yang hanya digunakan untuk keperluan kasir, local server, dan aktifitas yang tidak menggunakan koneksi internet. 


Kekurangannya ya cuma satu, fungsi perangkat kamu hanya terbatas untuk keperluan offline saja. 

Untuk langkah lainnya, kamu bisa pahami pada artikel berikut, cuma kadang beberapa cara sudah diblokir oleh Microsoft, kenapa? karena seiring berjalannya waktu telemetry Windows 10 menjadi berubah, dan pastinya bagaimanapun dikarenakan Microsoft mengubah Windows 10 as Service, Windows Update pasti akan tetap berjalan, apapun yang kamu lakukan. 

Silahkan berikan pendapatmu mengenai hal ini dibawah, apakah kamu suka dengan Windows Update atau kamu tidak suka dengannya?

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Tiga Cara Cegah Windows 10 Dapatkan Update"