Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Ini Penting, Tapi Enggak Hadir Di Opera Browser - Apakah Itu?


Opera, hampir 1 tahun lebih saya menjadikan Opera sebagai Primary Browser yang saya gunakan untuk keperluan harian, streaming, downloading, kerja, dan lainnya, karena memang dengan keminimalisan dari Opera membuat saya suka akan browser ini. 

Tahun lalu, saya juga pernah membuat sebuah artikel yang menjelaskan Kenapa Saya Suka Opera Browser, namun setelah saya mencoba Microsoft Edge Chromium mulai ketika masih di versi 79, saya sepertinya akan berpaling sepenuhnya ke Microsoft Edge, kenapa? alasannya sih simpel, karena ada satu fitur penting yang saya gunakan dan  tidak ada di Opera Browser. 

Tidak Mendukung Multi User

Yap, hanya itu saja kekurangannya menurut saya, Opera Browser tidak mendukung Multi User, fitur ini bagi yang memiliki banyak akun dan keperluan terpisah tentu saja sangat berguna sekali, terutama bagi mereka yang suka mengerjakan sesuatu yang berbeda dalam satu waktu. 

Di Opera Browser, ketika kamu sign in ke akun Opera milikmu, tidak ada pilihan untuk menambah akun dan beralih dari profile / akun 1 ke akun 2 selain kamu sign out dan sign in dengan akun yang berbeda, selain itu pilihan alternatif untuk menggunakan multi account dengan segala settingan didalamnya adalah menggunakan Incognito, dan tentunya itu tidak bagus jika digunakan untuk keperluan jangka panjang. 

Jadi misalkan begini nih, karena saya memiliki dua akun Google yang saya pisahkan untuk keperluan terpisah, saya ingin login akun Google utama ke Profile atau User 1 dibrowser untuk keperluan harian, sedangkan akun Google cadangan ke Profile atau User 2 dibrowser untuk keperluan entertainment saja, di Google Chrome hal itu bukanlah menjadi masalah, namun di Opera, hmm sayangnya fitur penting itu tidak tersedia. Yang saya suka dengan Multi User adalah kita bisa memisahkan apa saja Extensi yang akan kita install, dan memisahkannya untuk keperluan berbeda. Pokoknya fitur Multi User ini sangat penting deh. 

Ngomong ngomong dalam forum Opera sendiri, sudah ada pembahasan yang membahas masalah ini, dimana memang tidak ada dukungan Multi User di Opera, dan pengguna banyak yang tidak suka dengan keterbatasan ini. 


Untuk pengguna Google Chrome dan Microsoft Edge Chromium, tenang meskipun sama seperti Opera yang sama sama berbasiskan Chromium, fitur Multi User masih tersedia dan dapat kamu akses sebagai mana mestinya. 


Saya juga heran, kenapa Opera yang sama sama berbasiskan Chromium malah menghilangkan salah satu fitur penting tersebut. 

Saya Beralih Ke Microsoft Edge Chromium

Satu minggu sebelum saya menulis artikel ini, saya sudah sepenuhnya menghapus Opera diperangkat Windows 10 dan Linux yang saya gunakan, di Windows 10 sekarang saya sudah beralih ke Microsoft Edge Chromium yang memang sangat mantap dan sangat terintegrasi dengan system Windows 10, sedangkan untuk Linux, saya sekarang masih setia menggunakan Firefox karena Microsoft Edge Chromium belum tersedia di Linux. 


Sedangkan di perangkat Mobile Android, sayangnya Microsoft Edge Chromium kurang cocok untuk saya, karena User Interfacenya yang menurut saya Laggy, dan performanya kurang bagus menurut saya, jadi di android saya masih menggunakan Opera. 

Kesimpulan

Meskipun Opera bisa dibilang memiliki banyak keungulan seperti VPN bawaan, DoH yang tinggal kamu akses, tampilan yang minimalis, dan performa yang cepat, namun tetap saja masih memiliki kekurangan, dan menurut saya yang selama 1 tahun lebih menggunakan Opera sebagai browser harian, satu fitur yang hilang ini sangat memiliki efek yang cukup besar dalam kegiatan harian saya, sehingga sebelumnya saya harus menggunakan dua browser hanya untuk memisahkan dua akun yang terpisah. 

Nah artikel dan pembahasan ini sepenuhnya berdasarkan pendapat saya saja, jika kamu tidak menggunakan Multi User atau memiliki banyak akun, hal ini bukanlah menjadi masalah. Tapi seperti biasa, silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah. 

Tag : My Note
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Fitur Ini Penting, Tapi Enggak Hadir Di Opera Browser - Apakah Itu?"