Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dark Reader - Ekstensi Dark Mode Favorit Untuk Microsoft Edge Chromium


Sudah beberapa lama ini saya menggunakan Microsoft Edge Chromium untuk memenuhi kegiatan berinternet ria di perangkat Windows 10 yang saya gunakan. Alasannya sendiri cukup simple dan kamu bisa lihat pada artikel yang sudah saya tulis pada halaman berikut
 
Namun singkatnya, saya suka dengan Microsoft Edge Chromium adalah performanya yang bisa dibilang sedikit lebih oke dibandingkan dengan Google Chrome, selain itu browser ini sangat dioptimisasi untuk Windows 10.

Nah terkait dengan Microsoft Edge Chromium, tahukah kamu bahwa kita bisa mendownload dan menggunakan sebuah ekstensi yang dapat membuat semua website dan halaman web menjadi Dark Mode, Dark Mode disini bukanlah mode Dark yang bisa kita aktifkan via Reading Mode di Edge ya, melainkan membuat seluruh komponen website menjadi mendapatkan Mode Gelap, terlepas tersedia atau tidak nya Dark Mode Native dalam website tersebut. 
 
Extensi ini bernama Dark Reader, dan kini sudah tersedia di Microsoft Add On, dan sesuai dengan namanya, extensi ini memiliki sebuah fungsi khusus yaitu menjadikan tampilan semua website yang kamu buka menjadi gelap ala dark mode. Namun tenang, tidak usah khawatir, jika kamu suka website tertentu menampilkan Light mode, maka kamu bisa dengan mudah membuat pengecualian pada website yang tidak ingin kamu gelapkan. 

Light Mode tanpa menghidupkan Dark Reader

Dark Reader diaktifkan

Jika kita lihat dan bandingkan dengan menggunakan sebuah Flags Experimental yang dapat kamu akses dan aktifkan pada halaman (edge://flags/#enable-force-dark), warna gelap dari Dark Reader ini bisa dibilang lebih natural dan lebih enak jika dilihat. Selain itu untuk mengaktifkan dan menonaktifkan-nya sendiri sangat mudah dengan hanya klik pada slider On atau Off pada Toolbar Menu Dark Reader yang tersedia. 



Sebelumnya saya sendiri sudah mengulas secara singkat mengenai Dark Mode Extension yang bisa kamu terapkan di Opera dan Google Chrome, dan jika dibandingkan dengan ekstensi tersebut, Dark Reader memiliki beragam kelebihan, misalkan saja mengatur Font, Key Stroke, Brightness dan lainnya. 


Selain itu pemakaian Resource-nya sendiri tidak terlalu besar dengan hanya sekitar 10 - 100 MB tergantung berapa banyak tab yang sedang kamu buka. 


Tersedia Juga di Firefox

Untuk kamu pengguna browser non chromium seperti Firefox contohnya, tenang jangan khawatir karena Extensi ini tersedia juga di Add On Store Mozilla Firefox, saya sendiri sampai sekarang menggunakan Extensi ini untuk menambah pengalaman penggunaan Firefox di Linux yang saya gunakan. 

Nah seperti yang dapat kamu lihat juga pada gambar diatas, meskipun blog sayugi tidak menyediakan fungsi Dark Mode, namun kamu bisa mengubahnya dengan extensi ini, sehingga pengalaman membaac dimalam hari menjadi lebih asik lagi. 

Pengalaman Saya Dan Kenapa Saya Suka

#Update 30 November 2020, tampaknya saya harus sedikit memberikan tambahan pada ulasan ini, mengingat sekarang sudah hampir enam bulan saya menggunkan Extensi ini, entah di Mozilla Firefox ketika saya menggunakan Elementary OS sampai sekarang saya menggunakan Manjaro, atau di Microsoft Edge Chromium jika saya menggunakan Windows 10. 

Umumnya, saya cukup puas dengan extensi ini, hampir setiap website yang tersedia di Internet dapat diubah dan menerapkan implementasi Dark Mode dari sisi pengguna, selain itu tentu dengan dark mode, pengalaman membaca atau menulis di malam hari rasanya lebih nyaman karena tidak menusuk mata dengan cahaya monitor yang sangat tajam. 

Kekurangannya, tentu ada dong, meskipun saya bisa dibilang suka dengan extensi ini, ada beberapa website yang justru malah tampak tidak bekerja dengan baik ketika Dark Reader diterapkan, misalkan saja OneNote yang kita akses pada halaman browser. 

Namun tentu kekurangan tersebut mungkin hanya terjadi dari 0.1% saja pada website yang ada di dunia internet ini, dan hampir semuanya dapat berjalan dengan sempurna, kamu boleh komen website apa yang tidak mendukung extensi ini dikolom komentar dibawah. 

Kenapa saya suka?, Menjawab pertanyaan tersebut tentunya semuanya kembali lagi, karena saya bekerja hampir menggunakan browser, entah siang atau malam, entah untuk melakukan browsing artikel, menulis artikel, atau mencari sumber untuk pekerjaan saya lainnya, dan dengan Dark Mode, mata saya rasanya lebih nyaman untuk melihat area yang lebih gelap dibandingkan dengan cahaya yang menusuk mata.

Download Dark Reader

Nah sekian saja mungkin artikel kali ini, bagi kamu yang penasaran mengenai Ekstensi ini, kamu bisa mengunduh-nya pada halaman Microsoft Store Add On berikut,  jika kamu adalah pengguna Google Chrome, kamu bisa mengunduh-nya pada halaman Chrome Web Store berikut dan jika kamu adalah pengguna Firefox, kamu bisa mengunduhnya pada halaman berikut.

Terima kasih, sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Dark Reader - Ekstensi Dark Mode Favorit Untuk Microsoft Edge Chromium"